Bahan Dasar Tiang Lampu



Bahan dasar tiang lampu - Dalam menciptakan suatu produk, maka diperlukan pertimbangan dalam pemilihan bahan. Hal bertujuan untuk menjangkau masa pakai dalam produk yang digunakan. Dengan bahan-bahan yang berkualitas dan memadai, tentu suatu produk akan tahan lama dan lebih awet digunakan begitu sebaliknya. Dalam pembahasan artikel kali ini, kami mencoba membahas mengenai bahan apa saja yang digunakan dalam pembuatan tiang lampu.

Sebenarnya banyak sekali bahan tiang lampu yang digunakan untuk menciptakan satu produk. Setiap bahan yang digunakan juga merujuk pada produk yang diciptakan agar lebih berfungsi secara optimal. Misalnya penggunaan kayu pada lampu bolard, ini dikarenakan lampu tersebut diletakaan dalam ruangan. Dengan begitu akan terbindar dari berbagai cuaca yang ekstrim dari luar seperti hujan atau panas berlebih.

Bahan Dasar Tiang Lampu


Berbeda dengan bahan dasar pada tiang lampu  jalan dan taman. Lampu jenis ini dibuat dengan bahan dasar besi dan aluminium. Karena lampu ini memang khusus penerangan pada luar ruangan, maka dibuat dengan bahan yang lebih kuat dari kayu guna melindungi dari cuaca ekstrim dalam outdoor. Maka dari itulah bahan dasar tiang lampu sangat beragam dan tak terbilang jumlahnya.

Lalu apa saja bahan tiang lampu yang umumnya digunakan bagi pada distributor atau supplier tiang lampu jalan?. Berikut ini ada lima jenis bahan yang biasa kita temukan dalam lingkungan kita sehar—hari. Ini juga bisa menjadi referensi yang dapat membantu anda untuk memulai usaha pembuatan tiang lampu jalan dan tiang lampu taman.
1.Kayu

Kayu bisa digunakan sebagai bahan pembuatan tiang lampu taman dan jalan . karena jenisnya yang tahan terhadap berbagai jamur dan cuaca. Selain itu, tekstur kayu yang mudah dibentuk juga menjadi salah satu alasan mengapa kayu cocok untuk menjadi tiang lampu taman. Selain itu, kayu yang kuat membuat tiang lampu bertahan lama hingga puluhan tahun.

Karena bentuknya yang unik serta tekstur kayu membuatnya sangat mudah untuk dipercantik sehingga menarik dipandang. Itulah alasan mengapa kayu cocok dijadikan sebagai tiang lampu jalan. Dengan adanya tiang lampu kayu ini, maka pemandangan di taman akan nampak lebih menarik. Namun, itu semua kembali lagi kepada tema taman itu sendiri.

2. Komposit

Komposit dijadikan sebagai bahan dasar dalam pabrikasi tiang lampu jalan karena tekstur dan karakteristik bahannya. Materi penyusun komposit yang merupakan campuran dari dua atau lebih material dengan sifat yang berbeda membuat komposit memiliki banyak kelebihan. Perbandingan yang tepat antar setiap material menghasilkan komposit yang kuat, keras, dan tahan berbagai cuaca.

Komposit selalu dibentuk untuk meningkatkan kekuatan, ketahanan terhadap korosi pada tiang lampu taman dan sifat-sifat listrik lainnya serta karena penampilannya. Secara umum, komposit diartikan sebagai suatu jenis bahan/material yang terbentuk dari kombinasi antara dua atau lebih material melalui pencampuran berbeda.

3. Pipa Galvanis
Alasan menggunakan pipa galvanis sebagai bahan dalam pembuatan tiang lampu jalan adalah karena pipa ini tahan banting. Pipa galvanis juga antikarat, dapat bertahan dalam waktu yang lama serta proses perawatannya pun tidak memakan banyak biaya. Pipa ini mampu bertahan 25 tahun di area perkotaan dan 50 tahun di area minim polusi.

4. Batu Alam
Dewasa ini batu alam menjadi tren untuk segala bangunan yang ada. Bukan hanya sifatnya yang kuat serta tahan terhadap berbagai macam cuaca, namun juga warna dan teksturnya yang membuat orang tertarik. Batu alam ini dapat dikatakan sangat cocok dijadikan sebagai bahan dasar dalam pembuatan tiang lampu taman dengan tema minimalis. Selain itu juga, kita bisa menemukan lampu dengan bahan dasar batu alam pada lampu gantung kristal.

5. Besi
Penggunaan besi memang sangat umumn sekali. Dengan penggunaan besi plat, maka bentuk tiang lampu jalan dapat memiliki enam atau delapan sisi. Hal ini karena terdapat proses penekukan oleh mesin bending plate untuk besi plat ketika diproses menjadi tiang lampu. Itulah mengapa besi plat ini dapat dikatakan lebih flexible dari besi BSP dan SQ. Harga jual tiang lampu jalan ini juga cukup mahal melihat bahan yang digunakan juga berkualitas.

Comments

Popular Posts